Tugas Pokok dan Fungsi

Pasal I

CAMAT

     Kecamatan dipimpin oleh seorag Camat yang mempunyai tugas pokok melaksanakan  kewenangan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan ,Otonomi daerah dan Tugas umum pemerintahan.

Untuk melaksanakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat  ( 1 ) Pasal ini,Camat mempunyai fungsi :

  • Penyiapan penyusunan program Kecamatan ;
  • Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.
  • Pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan.
  • Pengoordinasian  pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum ;
  • pengoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerontahan di tingkat kecamatan;
  • pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan atau kelurahan;
  • pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya  dan atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan;
  • pengelolaan kesekretariatan Kecamatan ;
  • penginventarisasian permasalahan dan pelaporan pelaksanaan tugas kecamatan
  • pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan Bupati sesuai  tugas pokok dan fungsinya.

Pasal 2

Sekretariat

     Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas Camat dalam merumuskan  kebijakan, mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan kegiatan di bidang urusan perencanaan dan keuangan serta umum dan kepegawaian;

     Untuk menyelenggarakan tugas pokok yang dimaksud pada ayat  ( 1 )  Pasal ini, Sekretaris Kecamatan mempunyai fungsi :

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan tehnis dan program pembinaan ,pengoordinasian penyelengggraaan tugas pelayanan administrasi dan pelaksanaan serta pengendalian kegiatan urusan perencanaan dan keuangan.
  • Penyiapan dan perumusan kebijakan dan program pembinaan, pengoordinasian penyelenggaraan tugas, pelayanan dan pengelolaan sserta pengendalian kegiatan administrasi umum dan kepegawaian;
  • Penginvetarisasian permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan program kerja sekretariat serta penyiapan bahan tindak lanjut penyelesaiannya:
  • Penyusunan laporan pelaksanaan tugas dan program sekretariat:
  • pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Pasal 3 

Sekretariat Kacamatan terdiri dari :

  • Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan ;
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  • Sub Bagian – Sub Bagian sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1 ), masing – masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Pasal 4

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

     Sub bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan rencana kegiatan, pengoordinasian, pembinaan, pengendalian dan pemberiaan bimbingan teknis di bidang pengelolaan urusan administrasi umum, kerumahtanggaan perlengkapan / perbekalan, dokumentasi, perpustakaan dan kearsipan serta pengelolaan administrasi kepegawaian Kecamatan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud  pada ayat ( 1 ) Pasal ini, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian  mempunyai tugas :

  • Menyusun Rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun lalu sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku serta sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan:
  • Melaksanakan koordinasi dengan Sub Bagian dan Seksi di lingkungan Kecamatan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar dicapai hasil kerja yang optimal.
  • Menyiapkan bahan pelayanan administrasi umum, pengurusan kerumahtanggan, perlengkapan/perbekalan, dokumentasi,k perpustakaan dan kearsipan serta pengelolaan administrasi kepegawaian Kecamatan.
  • Membuat Laporan Rutin tentang peremajaan Pegawai, Daftar Urut Kepangkatan ( DUK ), nominatif pegawai dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas:
  • Memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai dan pngusulan  data kebutuhan kepegawaian   lainnya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Merencanakan dan melaksanakan pengadaan  barang  untuk keperluan  rumah tangga kecamatan sesuai  dengan kebutuhan, anggaran  dan peratuaran  perundang- undangan  yang berlaku sebagai dasar pengadaan barang;
  • Melaksanakjan monitoring,evaluasi  dan menilai prestas kerja pelaksanaan  tugas bawahan  secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Pasal 5

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

     Sub bagian Perencanaan dan Keuanagan mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan rencana kegiatan, pengoordinasian, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan di bidang perencanaan pelaksanaan program, administrasi keuangan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan Kecamatan..

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam ayat ( 1 ) Pasal ini, Kepala Sub bagian perencanaan dan Keuangan  mempunyai tugas :

  • mempunyai rencana  kegiatan  Sub bagian perencanaan dan keuangan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun lalu sesuai peraturan perunsdang- undangan yang berlaku;
  • menyiapkan bahan  penyusunan  Rencana Kegiatan dan Anggaran  ( RKA )/ Dokumen Pelaksanaan  Perubahan Angaran  ( DPPA ) sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Kecamatan dan menyiapkan bahan  penyusunan Laporan  Keterangan pertanggungjawaban Bupati ( LKPJ ) sesuai dengan indikator – indikator yanng ditetapkan.;
  • menyiapkan proses pencaiaran dana pengelolaaan administrasi keuangan.
  • melaksanakan pengelolaan gaji dan penghasilan lain pegawai serta pembiayaan kegiatan sesuai ketentuanm yang berlaku.;
  • melaksanakan verivikasi, pemeriksaan  administrasi  dan surat pertanggungjawaban  kegiatan serta pelaporan kegiatan di lingkungan  Kecamatan sebagai bahan penyusunana  pelapoaran  lebih lanjut.

Pasal 6

Seksi  Tata  Pemerintahan

     Seksi Tata Pemerintahan  mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam pengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan  tingkat Kecamatan dan dalam membina penyelenggaraan pemerintahan desa  dan / atau  kelurahan serta  dalam pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati kepada Camat untuk menangani sebagian urusan Otonomi daerah di bidang  tat pemerintahan.

Untuk melaksanakan  tugas pokok sebagimana dimaksud pada ayat ( 1 ) Pasal ini, Seksi Pemerintahan mempunyai tugas  :

  • menyusun  rencana kegiatan seksi tata pemerintahan berdasar hasil evaluasi tahun yang lalu  sesuai peraturan perundang –undangan  yang berlaku serta sumber  data  yang tersedia  sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.;
  • menjabarkan perintah, disposisi  atasan  dan petunjuk pelaksanaan sesuai peraturan  perundang – undangan yang berlaku untuk mendukung  kelancaran  pelaksanaan tugas
  • melaksanakan koordinasi dengan Sekretatriat dan Seksi di Lingkungan  Kecamatan baik secara langsung  maupun tidak langsung untuk mensdapatkan masukan  dan informasi serta  mengevaluasi  permasalahan guna mencapai hasdil kinerja  yang optimal;;
  • Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan  pemerintahan;
  • Melakukan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan  kerja peranagkat daerah  di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan
  • melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi  pemerintahan desa dan atau kelurahan;
  • memberikan bimbingan, supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan  administrasi desa dan atau kelurahan;
  • melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati  kepada Camayt untuk menangani sebagaian  urusan otonomi daerah  di bidang  tata  pemerintahan;
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat

 

Pasal 7

Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa

     Seksi Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa mempunyai tugas  pokok  membantu Camat  dalam mengoordinasikan  kegiatan pemberdayaaan  masyarakat dan desa serta dalam  pelaksanaan  kewenangan  pemerintahan yang dilimpahkan Bupati kepada Camat untuk menangani  sebagian urusan otonomi daerah di bidang pemberdayaan  masyarakat dan desa.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagimana dimaksud pada ayat ( 1 ) Pasal ini seksi pemberdayaan  masyarakat dan Desa mempunyai  tugas  :

  • Menyusun rencana kegiatan Seksi  Pemberdayaan Masyakat  dan Desa berdasarkan  hasil evaluasi kegiatan tahun yang lalau sesuai  peraturan perundang- undangan yang berlaku  serta  sumber data yang tersedia sebagai pedoman untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Menjabarkan  perintah, disposisi atasan dan petunjuk pelalksanaan sesuai peraturan  perundang – undangan  yang berlaku untuk mendsukung kelancaran pelaksanaan kegiatan.
  • Melaksanakan koordinasi dengan Sekretariat dan Seksi di Lingkungan  Kecamatan baik secara langsung maupun tidak  langsung untuk mendapatkan masukan dan informasi  serta mengevaluasi permasalahan guna mencapai hasil kerja yang optimal;
  • Mendorong partisipasi  masyarakat  untuk ikut serta dalam perncanaan  pembangunan lingkup desa/kelurahan dan kecamatan dalam forum musyawarah  perencanaan pembanguana di dwesa / kelurahan dan kecamatan;
  • Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan  unit  kerja  baik pemerintah  maupun swasta  yang mempunyai  program  kerja dan kegiatan  pemberdayaan masyarakat  dan desa  di wilayah kerja kecamatan;
  • Melakuakan evaluasi terhadap berbagai kegiatan  pemberdayaan  masyarakat  dan desa di wilayah kecamatan baik  yang dilakukan oleh unit  kerja pemerintah maupun swasta;
  • Melaporkan pelaksanaan tugas  pemberdayaan masyarakat dan desa  di wilayah  kerja kecamatan.
  • Melaksanakan kewenangan pemerintahan  yang dilimpahkan  oleh  Bupati  kepada Camat  untuk menangani  urusan otonomi daerah  di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa.
  • Membuat laporan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan lebih lanjut;
  • Melaksanakan  tugas kedinasan lain  yang diberikan Camat sesuai dengan tugas pokoknya.

Pasal 8

Seksi Kesejahteraan Rakyat

     Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam mengoordinasikan  pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan  umum, melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan /atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan Desa/ Kelurahan serta pelaksanaaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati kepada Camat untuk menangani  sebagian urusan otonomi daerah di bidang kesejahteraan rakyat;

Untuk melaksanakan  tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat  ( 1 ) Pasal ini, seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas  :

  • Menyusun rencana – rencana kegiatan seksi kesejahteraan rakyat berdasarkan hasil evaluai kegiatan tahun lalu sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku serta sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan.
  • Menjabarkan perintah, disposisis atasan dan petunjuk pelaksanaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.
  • Melaksanakan koordinasi dengan sekretariat dan seksi  di lingkungan kecamatan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan dan informasi serta mengevaluasi permaslahan  guna  hasil kerja yang optimal.
  • Menyiapkan konsep naskah dinas bidang kesejahteraan rakyat sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melakukan koordinasi dengan SKPD dan/atau instansi vertikal yang tugas dan fungsinya dibidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umun.
  • Melaporkan pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayannan umum serta pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat diwilayah kecamatan kepada Bupati
  • Melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati kepada Camat untuk menangani sebagaian urusan otonomi daerah dibidang kesejahteraan rakyat
  • Membuat laporan pelaksaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan lebih lanjut
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan camat sesuai dengan tugas pokoknya.

Pasal 9

Seksi Ketentraman dan Ketertiban

      Seksi Ketentraman dan ketertiban mempunyai tugas Pokok membantu camat dalam mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum penerapan dan penegakan perundang – undangan serta dalam pelaksanaan  kewenangan pemerintahan  yang dilimpahkan  Bupati kepada Camat  untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah di bidang ketentraman dan ketertiban umum.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1 )Pasal ini,  Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas :

  • Menyusun rencana kegiatan seksi  Ketentraman dan Ketertiban  Umum berdasarkan hasil evaluasi  kegiatan tahun yang lalu sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku serta sumber data  yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menjabarkan perintah, disposisi atasan dan petunjuk pelaksanaan sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku  untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan koordinasi dengan Sekretariat  dan seksi di Lingkungan  Kecamatan baik secara langsung  maupun tidak langsung  untuk mendapatkan  masukan dan informasi  serta mengevaluasi  permasalahan guna mencapai  hasil kerja yang optimal;
  • Melakukan Koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerja kecamatan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum  masyarakat di wilayah kecamatan;
  • Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan  peraturan perundang – undangan;;
  • Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah  yang tugas dan fungsinya  dibidang  penegakan peraturan perundang – undangan  dan /atau unsur Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Melaporkan pelkasanaan penyelenggaraaan ketentraman dan ketertiban  umum serta penerpan dan penegakan peraturan  perundang – undangan  di wilayah kecamatan  kepada Bupati;
  • Melaksanakan kewenanngan pemerintahan  yang dilimpahkan oleh Bupati kepada Camat untuk menangani urusan  otonomi daerah  di bidang ketentraman dan ketertiban  umum;
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan  sebagai dasar  pengambilan  kebijakan lebih lanjut;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas pokoknya.

Pasal 10

Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas pokok melakukan kegiatan dalam menunjang tugas pokok kecamatan..

Untuk myelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat  ( 1 )  Pasal ini, Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai fungsi :

  • Penyiapan bahan, data dan informasi dalam rangka penelitian dan pengembanagn konsep, teori dan metode operasional dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
  • Pelaksanaan pengkajian peningkatan dan pengembanagan serta penerapan teori dan metode operasional dalam penyelenggaraan pemerintahan,  pembangunan dan kemasyarakatan;
  • Pelaksanaan pekerjaan teknis bidang pemerintah, perekonomian dan kesejahteraan rakyat;
  • Penyusunan laporan dan evaluasi pelaksanaan tugas sesuai bidang tugasnya.
anadolu yakası escort mezitli escort